8 Peran dan Manfaat IoT dalam Berbagai Bidang Image

8 Peran dan Manfaat IoT dalam Berbagai Bidang

Time 25 Feb 2022  |  By Acer Indonesia

Manfaat IoT

 

Internet of things atau IoT adalah sebuah konsep atau program, yang memungkinkan sebuah objek mampu mentransmisikan data melalui jaringan, tanpa bantuan perangkat komputer ataupun manusia. 

Hingga saat ini, teknologi IoT telah menciptakan banyak terobosan yang memudahkan pekerjaan di berbagai bidang. 

Lalu, apa saja peran dan manfaat IoT dalam berbagai bidang? Temukan jawabannya di bawah ini.

 

Baca juga: Cara Acer Memberikan Solusi Melalui Teknologi IoT

 

  1. Mampu memprediksi dan bertindak
    Manfaat IoT yang pertama yaitu memiliki kemampuan memprediksi kebutuhan dan bertindak berdasarkan data dari jaringan IoT.
    Data yang sudah terkumpul dalam jaringan tersebut akan digunakan untuk membangun riwayat laporan, yang nantinya memengaruhi cara “otak” IoT memprediksi dan mencegah berbagai risiko masalah teknis.
    Contoh penerapannya, data yang sudah terkumpul di jaringan IoT akan digunakan untuk memprediksi biaya dan potensi kebutuhan pemeliharaan di masa depan. Ini sangat berguna untuk merampingkan proses suatu pekerjaan dengan cara modern. 
  2. Memudahkan pemantauan dan pemeliharaan
    Anda bisa memantau berbagai lapisan jaringan dan infrastruktur yang digunakan perusahaan, karyawan, hingga pelanggan, karena IoT merupakan sensor dan perangkat pintar yang mampu mengelola jaringan objek fisik.
    Anda tidak perlu lagi memeriksa peralatan saat berhenti bekerja, karena perangkat IoT memungkinkan pemeliharaan otomatis dengan memprediksi kondisi kerjanya. Selain itu, sensor khusus yang terdapat dalam IoT bisa digunakan untuk menjaga fungsi alat secara keseluruhan. 
  3. Meningkatkan komunikasi dengan pelanggan
    Perangkat IoT berpeluang meningkatkan engagement dengan pelanggan. Anda juga bisa bekerja dengan marketing agency dan pengembang bisnis untuk menerjemahkan data IoT yang sudah dikumpulkan. Kemudian data tersebut digunakan membuat strategi untuk meningkatkan engagement, meningkatkan kepercayaan, dan menjaga pelanggan yang sudah ada. 
  4. Menyempurnakan layanan dan produk untuk pelanggan
    IoT dapat digunakan untuk menyempurnakan produk atau layanan yang ditawarkan dari berbagai industri. Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan kebutuhan pelanggan atau menyelesaikan gangguan data relatif yang melibatkan pelanggan Anda. 

    Baca juga: 5 Teknologi Ramah Lingkungan yang Bisa Membantu Perusahaan untuk Go Green

  5. Mendukung smart city 
    Hadirnya perangkat IoT sangat membantu untuk mencapai konsep smart city atau kota pintar. Khususnya dalam memantau dan mengelola lingkungan kota secara real-time. Pemantauan dan pengelolaan ini termasuk trafik lalu lintas, memeriksa ketinggian air waduk, bencana banjir, dan memantau air laut untuk mengurangi dampak bencana kepada nelayan atau warga di pesisir pantai. 
  6. Memungkinkan aliran pendapatan baru
    Manfaat IoT berikutnya yaitu memungkinkan Anda menyiapkan dan meluncurkan produk atau layanan baru dengan cepat. Anda dapat memanfaatkan data yang terkumpul di jaringan IoT untuk memprediksi kebutuhan pelanggan, serta mempercepat perencanaan dan eksekusinya.
    Selain itu, Anda juga dapat mengidentifikasi bidang layanan baru yang bisa menjadi sumber pendapatan baru, dengan cara menggabungkan riwayat data dari perangkat IoT. 
  7. Alat pendukung kesehatan
    Sudah banyak inovasi baru di bidang kesehatan yang turut memanfaatkan IoT.  Tujuannya sebagai perangkat yang mendukung proses pengobatan berjalan aman dan efektif. Contoh pemanfaatan IoT di bidang kesehatan yaitu mengukur kadar gula dalam darah, pengecekan detak jantung, MRI, hingga tindakan operasi medis. 
  8. Meningkatkan kontrol proyek infrastruktur
    Anda bisa memanfaatkan IoT guna mengatasi kekurangan, sekaligus meningkatkan operasional proyek infrastruktur.
    IoT dapat membantu Anda mengontrol dan memantau setiap proyek infrastruktur dengan mudah. Bahkan dapat pula merekomendasikan alternatif pekerjaan yang lebih mudah..
Kontak Acer