6 Ide Bisnis di Masa Pandemi, Cukup Bermodal Laptop! Image

6 Ide Bisnis di Masa Pandemi, Cukup Bermodal Laptop!

Time 04 Oct 2021  |  By Acer Indonesia

Pandemi Covid-19 yang membatasi gerak masyarakat memang menutup berbagai peluang bisnis. Namun, di sisi lain pandemi justru memunculkan peluang yang menarik untuk dieksplorasi meski kita harus menggunakan pendekatan berbeda agar bisa sukses.

 

Secara prinsip, pendekatan untuk memulai bisnis di masa pandemi Covid-19 sama seperti di era sebelumnya, yakni harus menyesuaikan dengan gaya hidup masyarakat. Nah, gaya hidup “new normal” inilah yang harus diadaptasi oleh pelaku usaha atau calon pengusaha.

 

Artikel kali ini akan membahas seluk beluk bisnis di era pandemi serta peluang bisnis di era pandemi yang dapat dijadikan inspirasi. Sebelum membahas ide bisnis, ada baiknya memahami tantangan yang bakal dihadapi pengusaha di era pandemi.

 

Baca Juga: 8 Rekomendasi Project Management Tools Terbaik yang Dibutuhkan Para Manager

 

Tantangan Permodalan di Masa Pandemi dan Solusinya

 

Di masa pandemi Covid-19, tak sedikit pelaku/calon pelaku usaha yang kehabisan atau kekurangan modal. Ini memang tantangan utama yang banyak membuat pengusaha kesulitan.

 

Untuk tantangan permodalan, sebenarnya pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk mendorong bank/lembaga keuangan, khususnya yang berstatus milik negara, untuk menyalurkan kredit.

 

Ke depan, akses permodalan untuk usaha pun semakin lebar dengan terbitnya Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 23/13/PBI/2021 tentang rasio pembiayaan inklusif makroprudensial (RPIM). Melalui peraturan ini, bank dan lembaga keuangan non-bank diwajibkan untuk menyalurkan pembiayaan inklusif kepada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

 

Pembiayaan ini terdiri dari pembiayaan langsung ke UMKM, pembiayaan ke klaster atau korporasi UMKM, perorangan berpenghasilan rendah, serta pembiayaan ke korporasi non lembaga keuangan yang merupakan rantai pasok UMKM itu seperti supplier, distributor, plasma dan lain-lain.

 

Ketentuan yang sudah dikeluarkan pemerintah saat ini bisa memudahkan masyarakat untuk memulai bisnis di masa pandemi Covid-19. Selanjutnya apakah calon pelaku usaha berani untuk merealisasikan ide bisnisnya dan mulai bergerak atau tidak.

 

bisnis di masa pandemi

 

Peluang Bisnis di Masa Pandemi Covid-19

 

Bagi Anda yang saat ini ingin berbisnis namun terkendala modal, pandemi Covid-19 memunculkan berbagai yang berpotensi menghasilkan keuntungan meski dijalankan hanya dengan bermodalkan laptop dan keahlian yang Anda miliki saja. 

 

Apa saja ide bisnis tersebut? Mari kita ulas satu per satu:

 

1. Kelas Olahraga Virtual 

 

Pandemi Covid-19 menunjukkan kepada banyak orang betapa pentingnya menjaga kesehatan fisik dan sistem kekebalan tubuh. Ini menjadi peluang bagi Anda untuk memulai bisnis di masa pandemi Covid-19, terutama Anda yang memiliki pengetahuan terkait kesehatan/kebugaran fisik seperti pendidikan jasmani, kinesiologi, nutrisi, ilmu olahraga, atau jika Anda adalah seorang personal trainer sekalipun.

 

Memulai bisnis di masa pandemi Covid-19 pada bidang kesehatan/kebugaran ini dapat dilakukan secara virtual, baik dengan mengadakan sesi eksklusif, maupun grup. Peluang mengadakan virtual workout bisa dikatakan menjanjikan, mengingat permintaan untuk konten ini tergolong tinggi. Melalui kelas virtual, Anda dapat menjangkau banyak audiens, mulai dari yang memang merupakan penggemar kebugaran hingga pemula.

 

Baca Juga: Pentingkah Cluster Server bagi Perusahaan Anda?

 

2. Home Improvement 

 

Ini merupakan ide bisnis di masa pandemi Covid-19 yang sangat cocok bagi Anda yang memiliki pengetahuan/keahlian di bidang desain interior dan konstruksi. Pasalnya, dengan adanya pembatasan aktivitas dan penerapan work from home, banyak orang lebih banyak tinggal di rumah sehingga membutuhkan suasana hunian yang mendukung. 

 

Hanya bermodal laptop dan aplikasi, Anda dapat membantu konsumen merombak dan merenovasi rumah sesuai kebutuhan mereka. Target pasar yang dibidik adalah para pekerja kantoran yang sekarang membutuhkan ruang kantor untuk bekerja dari rumah.

 

3. MC Kegiatan Kantor Virtual 

 

Dengan penerapan sistem kerja work from home, banyak perusahaan yang menginginkan sistem pertemuan yang lebih dari sekadar online meeting. Tujuannya untuk memperkuat ikatan antar karyawannya. 

 

Nah, ini bisa menjadi ide bisnis di masa pandemi Covid-19 yang menarik, terutama bagi Anda yang memiliki pengalaman sebagai trainer ataupun MC di kegiatan korporat. Jika punya pengalaman sebagai trainer, Anda bisa menawarkan jasa konsultasi perencanaan hingga penyelenggaraan aktivitas virtual. 

 

Produk dan jasa yang ditawarkan bisa berupa perencanaan kegiatan, kit aktivitas virtual hingga jasa pemandu acara yang dilakukan secara online.

 

4. Editing dan Konsultasi Resume Virtual

 

Tingginya tingkat PHK membuat pasar tenaga kerja bertambah aktif di masa pandemi. Ini bisa menjadi peluang bisnis, terutama bagi Anda yang memiliki keahlian dalam manajemen sumber daya manusia. 

 

Anda bisa menyediakan jasa konsultasi karir hingga konsultasi pembuatan resume. Peluang bisnis satu ini dapat menawarkan fleksibilitas namun dengan target pasar yang hampir tidak ada habisnya.

 

5. Jasa Penerjemah dan Transkripsi

 

Layanan transkripsi dengan mendengarkan rekaman suara dan mendokumentasikannya secara tertulis dapat menjadi bisnis unik yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan banyak industri. Bidang ini juga bisa menjadi ide bisnis di masa pandemi Covid-19 yang menarik, terutama Anda yang memiliki kemampuan bahasa asing, tata bahasa dan tentunya ketelitian. 

 

Layanan ini bisa membidik klien di sektor firma hukum, layanan kesehatan, peneliti pasar, podcaster, dan masih banyak lagi. Sektor-sektor tersebut menggunakan layanan Anda untuk menghemat waktu dalam  menyelesaikan pekerjaan mereka.

 

6. Menulis dan Menjual Ebook

 

Menulis bisa menjadi salah satu bisnis di masa pandemi yang menguntungkan. Pasalnya, permintaan untuk buku (fisik maupun digital) tergolong tinggi. Data US Chamber of Commerce menunjukkan, di AS saja pasar buku non-fiksi diperkirakan tumbuh 10,5%. 

 

Jika Anda mampu menuliskan pengalaman hidup, terkait kegagalan dan kesuksesan yang dialami menjadi sebuah narasi, itu akan menjadi buku yang menarik dan berguna bagi pembaca. Menulis pun tak selalu harus berupa novel, melainkan juga panduan yang bisa dimanfaatkan orang banyak. Bisnis ini bisa Anda jalankan secara mandiri melalui media sosial atau situs tertentu.

 

Demikianlah enam bidang bisnis di masa pandemi Covid-19 yang bisa dipertimbangkan. Keenamnya dapat masuk dalam kategori freelancer atau bisa dilakukan secara full time dengan membuka firma konsultan. Dengan semakin majunya teknologi, maka biaya yang dikeluarkan pun bisa ditekan, karena jenis bisnis-bisnis ini tidak memerlukan keberadaan kantor fisik sebagai representasi usaha.

 

Baca Juga: Pentingnya Membangun Intrapreneurship dalam Perusahaan Masa Kini

 

Rekomendasi Laptop Acer untuk Memulai Bisnis Saat Pandemi Covid-19

 

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, berikut ini rekomendasi laptop Acer terbaik yang bisa dijadikan pilihan:

 

1. Acer Travelmate P214-53

 

Ini merupakan laptop Acer dari seri Travelmate, yang ditujukan untuk orang-orang yang membutuhkan perangkat yang solid untuk bekerja. Acer TravelMate P214-53 dilengkapi dengan prosesor Intel Core i5-1135G7 generasi ke-11 dengan RAM 16 GB, ruang penyimpanan sebesar 1 TB, grafis Intel UHD, dan port konektivitas yang cukup banyak. Dengan prosesor Intel core i5-1135G7 generasi ke-11 dan RAM 16 GB, laptop ini dapat membantu kerja-kerja pebisnis menjadi lebih ringan.

 

2. Acer Enduro N314-51W 

 

Laptop ini dirancang bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan cocok untuk berbagai pekerjaan mulai dari arsitek, manajer event, atau konten kreator. Alasannya karena laptop yang menggunakan standar militer ini tahan benturan dan mampu bertahan terhadap goncangan. Untuk memproteksi komponen penting di dalamnya, laptop ini menggunakan struktur honeycomb.

 

Acer Enduro N314-51W dilengkapi dengan prosesor 10th Gen Intel Core, memori 16 GB DDR4 yang bisa diupgrade menjadi 32 GB dan kapasitas penyimpanan sebesar 1 TB.

 

3. Acer ConceptD 7 Ezel Pro

 

Jenis laptop keluaran Acer yang satu ini cocok digunakan bagi Anda yang ingin memulai bisnis di masa pandemi Covid-19 di bidang desain grafis. Pasalnya, laptop di kategori ini memiliki kemampuan super untuk melakukan pekerjaan editing foto dan video, yang memang membutuhkan spesifikasi khusus. Ada tiga tipe laptop Acer ConceptD 7 Ezel Pro yang bisa dipertimbangkan, antara lain:

 

- ConceptD 7 Ezel Pro CC715-91P

Laptop ini sangat cocok digunakan untuk desain grafis, karena mampu menampilkan detail warna dan gambar yang tampak lebih nyata. Hal ini didukung layar dengan standar warna profesional, mulai dari 100% Adobe® RGB Color Gamut yang mencakup rentan warna lebih luas daripada gamut sRGB, sertifikasi PANTONE®, dan Delta E

 

- ConceptD 7 Ezel Pro CC715-71P

Laptop ini memiliki tingkat komponen yang sama dengan yang ditemukan di notebook gaming papan atas, seperti Razer Blade 15 Advanced (2020). Di dalamnya terdapat prosesor Intel Core i7-10875H delapan inti (basis 2,3GHz, hingga 5,1GHz turbo), kartu grafis Nvidia GeForce RTX 2080 Super Max-Q 8GB, memori 32GB, dan solid-state drive 2TB. Spesifikasi yang terkandung dalam laptop ini tergolong sangat mumpuni untuk mengerjakan desain grafis.

 

- ConceptD 7 Ezel Pro CC314-72P

Didesain untuk alur kerja desain 2D dan 3D, laptop ini menggunakan prosesor Intel Core H-series Generasi ke-11 baru dengan GPU Laptop NVIDIA GeForce RTX 3060. Dengan memori DDR4 3200 Hz hingga 64GB dan SSD PCIe Gen 4 M.2 2 TB di Raid 0, laptop ini menyediakan semua yang dibutuhkan desainer grafis untuk menangani pengeditan video 4K.


Nah, inilah pilihan laptop Acer yang bisa Anda pertimbangkan untuk memulai bisnis di masa pandemi Covid-19. Laptop buatan Acer yang sudah disebutkan ini mampu menunjang kegiatan bisnis, mulai dari yang sederhana hingga yang rumit dengan desain yang mendukung kerja mobile di mana saja.

Kontak Acer