6 E-Commerce B2B yang Ada di Indonesia Image

6 E-Commerce B2B yang Ada di Indonesia

Time February 18, 2022  |  By Acer Indonesia
6 E-Commerce B2B yang Ada di Indonesia

Menurut laporan katadata.co.id, e-commerce B2B (Business to Business) di beberapa negara seperti Tiongkok dan Amerika Serikat, sudah mencatatkan angka transaksi hampir tiga kali lebih besar daripada e-commerce B2C.

Tak heran jika e-commerce B2B mulai gencar beriklan, seperti e-commerce B2C lainnya. 

Di Indonesia sendiri, setidaknya ada 6 e-commerce B2B yang relatif terkenal di masyarakat. Meskipun tak terkenal seperti e-commerce B2C di Indonesia, bagi pemilik bisnis atau pekerja di pemerintahan, berbagai nama e-commerce B2B berikut mungkin sudah tak asing.  

AXIQoe.com

AXIQoes.com adalah e-commerce B2B dari PT. Astragraphia Xprins Indonesia yang dibentuk pada tahun 2015. Selain e-commerce, AXIQoe.com juga memiliki media pemasaran indirect channel

Pada tahun 2016, AXIQoe.com sudah menyentuh pasar pemerintahan dan bergabung sebagai penyedia E-Katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP). Inilah yang memperkuat posisi AXIQoe.com sebagai e-commerce B2G (Business to Government) di Indonesia. 

Ada berbagai jenis produk yang mereka tawarkan dengan menjamin keaslian produk dan service level agreement terbaik. Beberapa keunggulannya adalah gratis ongkos kirim untuk jumlah pembelanjaan tertentu dan fleksibilitas jatuh tempo pembayaran.

Bizzy.co.id

Bizzy merupakan perusahan yang tergabung dalam Sinarmas Group. Di dalamnya, ada beberapa sub-bisnis, yakni PT Bina Sinar Amity (Bizzy Logistic) dan PT Sinarmas Distribusi Nusantara (Bizzy Distribution). 

Bizzy Distribution bergerak sebagai distributor offline-to-online terkemuka di Indonesia. Dilengkapi dengan strategi digital kuat serta teknologi mutakhir untuk memaksimalkan produktivitas berdasarkan data (data driven)

Februari 2021 silam, perusahaan teknologi, Warung Pintar telah mengakuisisi Bizzy Digital, demi memperkuat posisi korporasinya di pasar e-commerce B2B dan mendukung rencana ekspansinya yang lebih luas di Indonesia. 

Salah satu fitur unggulan di Bizzy adalah Bizzy Select. Fitur tersebut diklaim dapat menghemat biaya pembelian bagi pemilik bisnis B2B. Selain itu, ada fitur Bizzy Benefits yang menyediakan kebutuhan harian karyawan perusahaan. 

B2b.id

B2b.id merupakan bagian dari Bhinneka.com, situs penyedia barang elektronik komputer, laptop, software, dan aksesori gadget lainnya, yang tergolong pelopor e-commerce di Indonesia. 

Melalui b2b.id atau yang disebut Bhinneka Bisnis, mereka menghadirkan layanan pengadaan barang profesional, untuk memenuhi kebutuhan korporasi atau perusahaan yang bisa dilakukan secara online

Dalam b2b.id, fitur proses persetujuan pembelian dapat disesuaikan dengan otorisasi, sehingga terdapat kendali nominal transaksi sesuai anggaran. Fitur ini dapat meminimalisir potensi korupsi anggaran yang kerap jadi persoalan di sistem pengadaan konvensional. 

Mbiz.co.id

Ecommerce B2B di Indonesia berikutnya adalah Mbiz.co.id. 

Mereka menawarkan layanan pengadaan barang dan jasa e-procurement yang terintegrasi. Hadirnya solusi ini diharapkan dapat mencegah korupsi dalam pengadaan barang dan jasa, terutama di instansi pemerintah atau perusahaan swasta. 

Mbiz.co.id juga memiliki berbagai layanan lainnya, seperti pengelolaan anggaran, proses persetujuan, pemesanan, fulfillment tracking, pembayaran, spend reporting, dan analisis dalam satu platform. Terdapat pula fitur budget control dan fitur akses multi-login yang juga terintegrasi.

Ralali.com

Ralali.com adalah online B2B marketplace lainnya yang juga menawarkan kemudahan proses transaksi jual-beli lewat teknologi. Berbagai fitur di dalamnya juga menjamin keamanan dan transparansi antara penjual dan pembeli. 

Yang berbeda dari e-commerce B2B satu ini, bukan hanya pembeli korporat yang dapat melakukan transaksi, mereka juga melayani transaksi ritel. 

Harga grosir di Ralali.com termasuk kompetitif dan transparan dengan produk yang dikelompokkan sesuai jenis usaha. 

Monotaro.id

Monotaro.di adalah e-commerce B2B di Indonesia yang menyediakan berbagai kebutuhan bisnis, khususnya produk MRO (Maintenance, Repair and Operation).

Secara spesifik, produk MRO meliputi: alat kesehatan kerja, perkakas tangan dan listrik, kebutuhan otomotif dan mekanikal, mesin las, alat laboratorium, alat kelistrikan, hingga perlengkapan kantor dan kebutuhan dapur. 

Ada dua tipe transaksi yang bisa dilakukan di Monotaro.id: yakni secara online dan offline

Salah satu hal menarik dari Monotaro.id, yaitu penawaran gratis ongkos kirim untuk jumlah pembelanjaan tertentu.

Kontak Acer