6 Aplikasi Trading Saham Paling Terbaik dan Terpercaya Image

6 Aplikasi Trading Saham Paling Terbaik dan Terpercaya

Time 04 Oct 2021  |  By Acer Indonesia

Di era digital ini, segala sesuatunya lebih dimudahkan dan praktis, termasuk untuk trading di pasar saham. Untuk menyelami dunia pasar modal, memperoleh informasi, hingga melakukan transaksi, kini bisa dilakukan lewat satu aplikasi trading saham.

 

Beberapa aplikasi trading saham yang beredar saat ini membantu para investor pemula hingga profesional untuk berinvestasi secara aman dan nyaman. Tak hanya memfasilitasi trading saham, aplikasi-aplikasi ini juga menyajikan rekomendasi hingga informasi perusahaan, agar bisa menekan angka kerugian dan memaksimalkan keuntungan, sehingga investor tidak kapok ketika berinvestasi.

 

Aplikasi trading saham saat ini juga menyajikan berita-berita terkini seputar emiten, ekonomi makro, Bursa Efek Indonesia (BEI), dan lainnya. Aplikasi investasi ini juga menyuguhkan informasi terkait nilai market cap, Price Earning Ratio (PER), dan Price Book Value (PBV), sejumlah emiten.

 

Manfaat Menggunakan Aplikasi Trading Saham

 

Kehadiran aplikasi trading saham saat ini jelas memudahkan investor, terutama investor ritel, untuk ambil bagian dalam perdagangan di pasar modal. Namun, apa saja sebenarnya manfaat yang bisa didapatkan dari menggunakan aplikasi-aplikasi trading yang beredar saat ini?

 

 - Mudah dan Nyaman Digunakan

 

Manfaat pertama dari aplikasi trading saham jelas memudahkan investor. Sebab, hanya dengan bermodalkan ponsel genggam dan koneksi internet, seseorang dapat melakukan transaksi saham secara online. Tentunya hal tersebut lebih memudahkan para investor pemula khususnya untuk mulai berinvestasi.

 

Selain memudahkan, kenyamanan juga menjadi kelebihan karena dapat dilakukan sendiri, dan tentunya tidak membutuhkan banyak energi, tenaga, dan waktu. Bahkan, dapat dilakukan pada saat seseorang sedang istirahat atau sedang bersantai. Tampilan aplikasi yang sederhana serta prosedur yang mudah dipahami, tentunya mempermudah investor dalam bertransaksi.

 

Baca Juga: Beragam Jenis Dan Keuntungan IPO (Initial Public Offering) Pada Perusahaan

 

- Fleksibilitas dalam Memantau Portofolio 

 

Sebelum era digital, untuk berinvestasi saham seseorang perlu susah payah datang ke kantor penyedia jasa investasi (sekuritas). Namun di era digital kini, semuanya semakin dipermudah cukup dengan menggunakan aplikasi trading saham di smartphone.

 

Sama seperti memantau perkembangan topik yang sedang trending di media sosial lewat smartphone, memantau perkembangan investasi pun juga mudah dan dengan kondisi yang realtime juga.

 

- Top-Up Gampang

 

Apabila dahulu seseorang perlu datang langsung ke galeri broker untuk menyerahkan bukti setoran dan melakukan transaksi jual beli saham, sekarang cukup dengan transfer dan top-up di aplikasi trading saham. Ini membuat kegiatan investasi semakin praktis, tanpa perlu mengeluarkan banyak usaha dan tenaga.

 

- Informasi Transparan 

 

Melalui aplikasi trading saham yang sedang berkembang saat ini, investor bisa mendapatkan seluruh informasi yang jelas dan transparan mengenai harga jual dan harga beli saham. Investor juga dapat mendapatkan analisis fundamental terkait dengan perusahaan yang akan Anda beli sahamnya.

 

- Modal Kecil

 

Jika dulu untuk melakukan trading saham membutuhkan modal besar, kini dengan adanya aplikasi trading saham, investor pemula tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Karena pada umumnya trading saham lewat aplikasi dapat dimulai dengan modal yang relatif kecil, hanya dengan uang Rp100.000 Anda sudah bisa memulai berinvestasi.

 

Hal ini tentunya sangat mempermudah para investor pemula yang ingin melakukan pengembangan dana, karena modal awal yang digunakan relatif kecil. Selain itu, dengan modal yang relatif kecil seperti itu, risiko yang didapatkan lebih bisa ditoleransi.


Aplikasi Trading Saham

 

Tips Memilih Aplikasi Trading Saham Terpercaya

 

Meski banyak aplikasi untuk trading transaksi saham yang ditawarkan kepada investor, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan dalam memilih aplikasi tersebut. Berikut sejumlah tips memilih aplikasi trading saham terpercaya:

 

1. Pilih Aplikasi Trading Saham Resmi

 

Dalam memilih dan menentukan aplikasi trading saham terpercaya, investor harus memilih aplikasi yang resmi dan mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Alangkah baiknya jika investor memilih aplikasi yang berada di bawah naungan perusahaan sekuritas yang memiliki reputasi yang baik.

 

2. Aman dan Mudah Digunakan 

 

Saat memilih aplikasi trading saham, investor juga harus memastikan kualitas keamanan dari sistem transaksi online yang dimiliki aplikasi tersebut. Misalnya belum pernah terjadi kebocoran data, data tidak akurat, atau sistem eror.

 

Ini penting, karena untuk transaksi saham investor harus mendaftar dengan menyertakan identitas pribadi. Oleh karena itu, perlindungan data menjadi hal penting untuk diperhatikan saat memilih aplikasi trading saham terpercaya. Demikian juga dengan kemudahan penggunaan, kelengkapan fitur tersedia, dan informasi yang update.

 

3. Besaran Setoran dan Biaya Transaksi 

 

Dalam memilih aplikasi trading saham terpercaya, ada baiknya investor memilih aplikasi yang tidak mensyaratkan modal awal yang besar. Ini penting bagi investor pemula, karena dengan modal yang minim, risiko yang ditanggung juga relatif kecil dan bisa ditoleransi. 

 

Selain itu, investor juga sebaiknya memilih aplikasi trading saham yang mengenakan biaya transaksi sesuai dengan kemampuan. Jangan sampai kegiatan investasi terbebani biaya investasi yang memberatkan kantong.

 

4. Analis Kredibel

 

Jika investor hendak memilih aplikasi trading saham terpercaya, ada baiknya mencermati analis-analis yang digunakan dalam aplikasi tersebut. Pastikan analis yang digunakan sudah tersertifikasi sesuai kompetensinya.

 

Jika aplikasi trading saham berada di bawah naungan perusahaan sekuritas besar, hal ini tentu bukan masalah. Sebab, perusahaan sekuritas besar memiliki analis yang terspesialisasi dan sudah memiliki sertifikasi.

 

Baca Juga: Meninjau Perekonomian Indonesia 2021 Dan Pengaruhnya Pada Bisnis

 

Ragam Aplikasi Trading Saham Terpercaya

 

Seperti yang telah disebutkan, saat ini banyak aplikasi untuk trading saham yang beredar. Namun, hanya beberapa saja yang bisa dilirik investor sebagai aplikasi trading saham terpercaya. Aplikasi-aplikasi tersebut antara lain:

 

1. IPOT

 

Aplikasi IPOT (Indo Premier Online Technology) adalah salah satu aplikasi trading saham yang populer di Indonesia. Aplikasi besutan PT Indo Premier Sekuritas ini dapat digunakan untuk berinvestasi saham, reksadana, dan ETF. 

 

Salah satu keunggulan yang ditawarkan adalah mekanisme Robo Trading dan Fund Evaluator yang secara otomatis bisa menjalankan seluruh instruksi order jual dan beli pada saham dan harga yang telah ditentukan. Dengan fasilitas ini, Anda tidak akan kehilangan momen untuk melakukan perdagangan saham pada harga yang Anda harapkan.

 

IPOT bisa dilirik sebagai aplikasi trading saham terpercaya, karena memiliki kelebihan dalam hal kemudahan saat pendaftaran, yang dilakukan secara online, tanpa tatap muka. Selain itu, IPOT tidak memiliki minimum deposit saat membuka akun saham.

 

Meski demikian, IPOT memiliki kelemahan dalam hal user interface, yang sering dikeluhkan investor pemula karena dinilai cukup memusingkan. Selain itu, dalam waktu tertentu dapat mengalami keterlambatan, terutama jika banyak yang mengakses aplikasi dalam rentang waktu yang bersamaan.

 

2. Stockbit

 

Stockbit awalnya hadir sebagai komunitas forum trading. Forum ini menawarkan banyak manfaat karena para investor dapat bertukar informasi mengenai emiten ataupun rekomendasi saham. Seiring berjalannya waktu, Stockbit akhirnya menjelma menjadi aplikasi trading saham.

 

Bekerja sama dengan Sinarmas Sekuritas, selain memudahkan investor untuk trading saham secara online, investor juga bisa belajar saham dengan virtual trading atau simulasi jual-beli saham secara online. Fiturnya pun tergolong lengkap, seperti menyediakan data keuangan emiten, grafik indikator keuangan, fitur comparison untuk membandingkan satu emiten dengan emiten lain atau dengan industri.

 

Salah satu fitur yang menjadikan Stockbit sebagai salah satu aplikasi trading saham terpercaya adalah Screener. Fitur ini membantu investor menentukan batas rasio yang diinginkan. Tinggal masukkan batas rasio, dan selanjutnya akan di-filer oleh sistem.

 

Meski demikian, Stockbit juga memiliki kelemahan, yakni belum dilengkapi fitur “Order”. Artinya, investor tidak bisa trailing stop, stop loss, atau Good Tll Cancel (GTC) order. Padahal fitur-fitur ini sangat membantu bagi orang yang bukan full time investor/trader yang setiap saat memantau pergerakan harga.

 

Selain itu, untuk menggunakan Stockbit calon investor hanya disuguhkan satu pilihan bank saja untuk membuka Rekening Dana Nasabah (RDN), yakni Bank Sinarmas. Ini tentu menyulitkan, karena bank ini kurang populer di masyarakat.

 

3. MNC Sekuritas 

 

Aplikasi trading saham ini merupakan aplikasi besutan PT MNC Kapital Indonesia Tbk yang merupakan bagian dari MNC Group. Aplikasi ini memiliki keunggulan kemudahan pembukaan rekening secara online, serta modal minimum yang kecil, yakni Rp100.000. Kemudian, fee yang dibebankan ke investor pun tergolong kecil, yaitu 0,18% untuk fee beli dan 0,28% untuk fee jual.

 

MNC Sekuritas juga didukung oleh para broker profesional, dan rutin melakukan update kondisi pasar saham, pergerakan teknikal dan fundamental. Kelemahannya, pendaftaran via aplikasi mobile hanya bisa untuk akun reguler dan wajib pakai rekening BCA.

 

4. MOST Mandiri 

 

MOST adalah aplikasi trading saham buatan Mandiri Sekuritas, salah satu broker saham terbesar di Indonesia, yang merupakan anak usaha PT Bank Mandiri Tbk. MOST hadir dengan user interface atau tampilan antarmuka yang ramah terhadap pengguna baru atau investor saham pemula. 

 

Selain pendaftaran bisa dilakukan secara online, aplikasi ini juga membebankan fee yang rendah, yakni 0,18% untuk fee beli dan 0,28% untuk fee jual. Meski demikian, aplikasi ini dinilai tidak stabil, lagging dan sering terhenti sendiri pada beberapa merek smartphone.

 

Baca Juga: Jenis-Jenis Cryptocurrency Terkini yang Tepat Pilihan Aset Digital Anda

 

5. BNI Sekuritas Innovative Trading System (BIONS)  

 

BIONS merupakan aplikasi trading saham dari BNI Sekuritas, anak perusahaan PT Bank Negara Indonesia Tbk. BIONS memiliki keunggulan dalam hal proses pendaftarannya yang mudah, serta memiliki user interface yang menarik dan mudah digunakan investor pemula. BIONS bisa dilirik sebagai aplikasi trading saham terpercaya, karena juga menyediakan akun trial untuk investor pemula.

 

Selain itu, fitur yang disediakan cukup lengkap, mulai dari automatic order list, watchlist, sector trade, research, fundamental, hingga corporate action. Aplikasi ini juga menghadirkan berita dan informasi terkini, serta hasil riset dari BNI Sekuritas.

 

Kelemahan aplikasi trading saham dari BNI Sekuritas ini adalah setoran awal yang cukup besar, yakni 1 juta rupiah. Kemudian, beberapa kali muncul keluhan aplikasi mengalami lagging di jam bursa, yang mengakibatkan kegiatan trading user terhambat.

 

6. Ajaib

 

Aplikasi trading saham yang satu ini cukup terkenal belakangan ini, karena menghadirkan aktor Korea ternama, Kim Seon Ho sebagai bintang iklannya. Aplikasi Ajaib dimiliki oleh Ajaib Group yang menaungi dua perusahaan, Ajaib Reksadana dan Ajaib Sekuritas. Jadi aplikasi ini menghadirkan opsi investasi reksadana dan saham.

 

Selain opsi investasi, pendaftaran di Ajaib dilakukan secara full online, selain itu memiliki tampilan user interface yang cukup akrab dengan pemain saham pemula. Kelebihan lainnya adalah, aplikasi ini menggunakan bahasa yang mudah dimengerti sehingga investor pemula tidak dipusingkan dengan istilah-istilah pasar modal.

 

Kelemahan Ajaib adalah, belum ada fitur Stop Lost, Trailing Stop, Auto Buy dan Auto Sell. Padahal, fitur-fitur ini sangat diperlukan untuk trading saham, terutama untuk investor pemula.

 

Demikianlah beberapa aplikasi untuk trading saham yang dapat dimanfaatkan oleh para investor. Namun, perlu diingat bahwa aplikasi tersebut hanyalah alat untuk membantu, dan tidak 100% menjamin kesuksesan investor saat bertransaksi di pasar modal. Semuanya bergantung dari kecermatan investor dalam mencermati profil risiko tiap emiten. Artinya, investor hendaknya bijak saat memilih saham.

 

Kontak Acer