6 Aplikasi Pembukuan Usaha untuk Memudahkan Bisnis Image

6 Aplikasi Pembukuan Usaha untuk Memudahkan Bisnis

Time 16 Feb 2021  |  By Acer Indonesia

Perkembangan teknologi berdampak pada semua bidang, salah satunya bisnis dan ekonomi. Digitalisasi membuat para pelaku bisnis mulai beralih dari cara konvensional. Dengan membiasakan diri pada hal baru, membuat Anda lebih praktis dalam menjalankan bisnis. Salah satu teknologi yang mempermudah yaitu adanya aplikasi pembukuan usaha.

 

Melalui penerapan aplikasi pembukuan usaha, Anda dapat mengatasi human error, seperti kesalahan menghitung dan kehilangan catatan penjualan atau keuangan. Selain itu, pembukuan usaha setidaknya memerlukan dasar ilmu akuntansi. Namun, dengan memanfaatkan teknologi, perhitungan dilakukan secara otomatis. Anda dapat mengetahui kondisi untung dan rugi secara real time.

 

Kini sudah banyak aplikasi pembukuan usaha yang memudahkan bisnis Anda, baik gratis maupun berbayar. Simak daftarnya di bawah ini.

 

Pawoon

 

6 Aplikasi Pembukuan Usaha untuk Memudahkan Bisnis - Pawoon

 

Pawoon merupakan aplikasi kasir online yang cukup diketahui di kalangan retail. Hanya membutuhkan waktu singkat untuk proses set up awal untuk dapat menggunakannya sebagai mesin kasir, seperti mencetak struk dan menyimpan seluruh data transaksi.

 

Keunggulan lainnya, dapat digunakan untuk online maupun offline. Semua data transaksi tersimpan di dalam aplikasi dan akan dipindahkan ke sistem setelah Anda dapat koneksi internet. Selain itu, bisa memudahkan pelanggan untuk bayar dengan lebih dari satu metode pembayaran.

 

Moodah

 

6 Aplikasi Pembukuan Usaha untuk Memudahkan Bisnis - Moodah

 

Moodah juga jadi pilihan aplikasi pembukuan usaha dalam pencatatan penjualan dan keuangan. Memiliki fitur bookkeeping terpadu dan akses untuk mengelola bisnis secara real time. Moodah juga memiliki fitur lengkap, seperti pencatatan transaksi penjualan, pengelolaan utang dan piutang, laporan neraca keuangan, laba rugi, dan arus kas instan.

 

Selain itu, Anda bisa mengaksesnya cukup melalui smartphone saja. Semua laporan penjualan terekam otomatis dan dapat diunduh dalam bentuk excel dan PDF. Menariknya lagi, aplikasi pembukuan usaha ini gratis selamanya.

 

Baca juga: Windows 10 Pro Unggul Menjadi Teman Bisnis dan Bekerja, Ini Alasannya

 

Soltius

 

6 Aplikasi Pembukuan Usaha untuk Memudahkan Bisnis - Soltius

 

Soltius menawarkan solusi bisnis dari berbagai skala lewat fitur andalan, seperti omni channel management, manajemen reservasi, hingga manajemen resep untuk bisnis restoran. Selain itu, aplikasi pembukuan usaha ini juga memberikan metode pembayaran beragam.

 

Dengan software akuntansi berbasis ERP, Soltius meminimalisir human error dalam pembuatan laporan keuangan. Anda juga bisa mempercepat proses akuntansi dan membuat hasilnya akurat.

 

Moka

 

Moka biasanya digunakan oleh pelaku bisnis restoran dan retail. Sama seperti aplikasi pembukuan usaha yang sudah disebutkan di atas, Moka juga menawarkan berbagai kemudahan. Berbagai keunggulannya, antara lain Laporan penjualan yang dapat diakses kapan saja, manajemen promosi untuk menjaring konsumen, manajemen meja, manajemen pelanggan, manajemen inventaris, hingga manajemen karyawan.

 

Equip Pos

 

6 Aplikasi Pembukuan Usaha untuk Memudahkan Bisnis - Equip Pos

 

Equip merupakan perangkat lunak berbasis cloud yang ramah pengguna. Berbagai kemudahan dalam mengelola bisnis dari berbagai skala bisa didapatkan. Aplikasi ini dapat diintegrasikan dengan barcode scanner dan sistem lainnya, seperti sistem manajemen inventaris, sistem akuntansi, dan lain-lain.

 

Kelebihan lainnya, dengan fitur Multi-User Management, jumlah penggunanya tak terbatas. Dapat digunakan oleh berapa pun pengguna di setiap cabang bisnis tanpa biaya tambahan. Ditambah, fitur Transaction Suspension yang memungkinkan Anda melakukan penangguhan transaksi saat terjadi keadaan darurat.

 

Paper.id

 

6 Aplikasi Pembukuan Usaha untuk Memudahkan Bisnis - Paper

 

Salah satu aplikasi pembukuan usaha gratis lainnya adalah Paper.id. Aplikasi ini menawarkan manfaat software invoicing, accounting, dan inventory dalam membantu kemajuan bisnis Anda. Menariknya, ada berbagai pilihan template untuk membedakan jenis invoice, share invoice melalui email, sms, WhatsApp, dan Line. Anda juga mengakses kapan saja melalui smartphone.

 

Dari keenam aplikasi pembukuan usaha di atas Anda bisa menentukan aplikasi mana yang cocok sesuai kebutuhan pendataan bisnis Anda. 

 

Agar mendapatkan pengalaman terbaik dalam mengembangkan usaha, Acer TravelMate Series bisa jadi rekan kerja terbaik dalam memudahkan bisnis.

 

Acer TravelMate Series hadir menggabungkan daya tahan dan portabilitas powerful. Dengan prosesor Intel® Core™ i7 generasi ke-8, memori besar, laptop ini semakin responsif dan cepat untuk mengedit catatan penjualan dalam bentuk spreadsheet, membuat presentasi, hingga transfer data.

 

Pada keamanan data, laptop ini menawarkan fitur keamanan yang kuat untuk melindungi data penting Anda melalui chip Trusted Platform Module 2.0 dan teknologi vPro™ remote management.

 

Baca juga: Altos P10F6 dan Altos P30F6, Desktop Bertenaga untuk Berbagai Pekerjaan Profesional

 

Laptop ini juga sudah memiliki fitur fingerprint dan webcam IR untuk Windows Hello agar menjaga data Anda sekaligus memungkinkanmu login ke aplikasi pembukuan usaha dengan cepat. Menggunakan laptop TravelMate untuk bisnis dapat membantu segala pekerjaan secara mobile, fleksibel, dan produktif.

 

Laporan pembukuan keuangan memang sebaiknya tersusun secara sistematis dan akurat.  Laporan inilah yang nantinya dijadikan sebagai acuan bagi perusahaan untuk menentukan langkah seperti apa yang harus perusahaan ambil selanjutnya. Selain aplikasi pembukuan usaha, mendukung produktivitas bisnis juga perlu perangkat yang mengerti kebutuhan, seperti Acer TravelMate Series.

Kontak Acer