5 Tips Memilih Laptop untuk Kebutuhan Bisnis Image

5 Tips Memilih Laptop untuk Kebutuhan Bisnis

Time 08 Jul 2021  |  By Acer Indonesia

Bagi para pelaku bisnis, laptop telah menjadi perangkat utama. Terkadang, mereka dituntut untuk dapat menyelesaikan laporan dengan cepat, sementara di satu sisi juga sering melakukan aktivitas di luar kantor, seperti bertemu klien atau investor. Pebisnis seperti ini tentu akan membutuhkan laptop bisnis untuk mempermudah kebutuhan bisnis mereka terutama saat berurusan dengan klien.

 

Saat ini banyak laptop beredar di pasaran, yang ditujukan untuk kebutuhan tertentu, salah satunya untuk pebisnis. Para profesional bisnis membutuhkan laptop mumpuni yang didukung fitur keamanan optimal, daya baterai yang kuat untuk bekerja di mana pun serta desain yang ringan namun kokoh. Acer TravelMate series bisa menjadi pilihan laptop profesional masa kini karena sudah didukung dengan segala kemampuan tersebut.

 

Buat Anda yang sedang membutuhkan perangkat tepat untuk meningkatkan produktivitas, mari simak tips memilih laptop bisnis yang sesuai dengan kebutuhan.

 

1. Spesifikasi Mumpuni dalam Produktivitas Kerja Tinggi

 

laptop-bisnis-spesifikasi-mumpuni-performa-kerja-tinggi

 

Spesifikasi yang tinggi akan menghasilkan performa yang lebih baik pula. Namun apakah hal itu sudah sesuai dengan beban kerja untuk kebutuhan bisnis? Untuk spesifikasi dasar yang akan berguna pada tahun-tahun mendatang, disarankan untuk memilih laptop dengan prosesor minimal Intel Core generasi ke-8. Namun akan semakin baik jika memilih prosesor generasi di atas 10 (lebih tinggi lebih bagus), seperti TravelMate Series.

 

Pada laptop TravelMate P214-53 dan P414-51, memiliki kekuatan yang lebih mengesankan dengan prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 dan dilengkapi Intel® Iris® Xe Graphics/MX330 untuk seri P214-53 serta NVIDIA® GeForce® MX350 pada TravelMate P414-51. 

 

Selain itu, didukung memory SSD 1TB gen 3 x4 PCle, kedua seri laptop ini menjadi semakin responsif dan cepat untuk berbagai aktivitas bisnis, seperti mengedit spreadsheet, membuat presentasi, transfer data, booting perangkat, hingga berbagi dokumen dengan desain fitur profesional yang membuat bekerja menjadi lebih mudah.

 

Baca juga: TravelMate X349 untuk Pekerja dengan Mobilitas Tinggi

 

2. Terintegrasi Konektivitas Optimal dan Lengkap

 

laptop-bisnis-terintegrasi-konektivitas-optimal-lengkap

 

Membawa laptop selama bekerja berarti membuat penggunanya dalam situasi yang mengharuskannya untuk memakai perangkat tersebut sebagai asisten utama. Misalnya dalam rapat dengan klien atau investor, akan lebih percaya diri bila memberikan presentasi dari komputer yang dibawa sendiri. Dalam situasi kerja, masalah bisa selalu muncul, seperti konektivitas perlengkapan di lokasi yang berbeda.

 

Dengan adanya port konektivitas yang lebih lengkap di laptop kelas bisnis seperti TravelMate P214-53 dan P414-51 sudah terintegrasi Wi-Fi 6 dan koneksi 4G LTE yang akan sangat mendukung pekerjaan dan kolaborasi dari jarak jauh dari kantor.

 

Selain itu, ada juga dukungan USB 3.2 Gen 2 Type-C™ Thunderbolt™ 4 untuk mendapatkan kecepatan transfer data dengan kecepatan luar biasa. Port lain yang tersedia adalah kartu MicroSD dan smart card reader, serta NFC (Near-Field Communication) untuk berbagai konten atau melakukan pembayaran mobile.

 

Selain transfer data, dibutuhkan pula teknologi yang mendukung kecepatan internet, seperti Dual Band WLAN AC 2X2 MU-MIMO dalam Acer TravelMate Series. Dengan teknologi ini, kecepatan internet bisa 5 kali lebih cepat dari WLAN 802.11n dan 2 kali lebih cepat dari WLAN 802.11AC. Ditambah teknologi MU-MIMO, yaitu Multi-User Multi-Input Multi-Output, Anda bisa download sampai 3 kali lebih cepat dibandingkan wireless biasa.

 

Baca juga: Windows 10 Pro Unggul Menjadi Teman Bisnis dan Bekerja, Ini Alasannya

 

3. Mendukung Mobilitas Tinggi bahkan di Tempat Ekstrem

 

laptop-bisnis-mobilitas-tinggi-tempat-ekstrem

 

Laptop bisnis punya karakteristik tahan dibawa ke mana pun, baik sewaktu traveling atau sekadar berpindah-pindah dalam kantor ke ruang meeting. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan portabilitasnya untuk bisa mentolerir kecerobohan-kecerobohan umum, seperti terbentur barang, jatuh dari meja, atau keyboard ketumpahan minuman.

 

Salah satu laptop yang mendukung mobilitas tinggi adalah Acer TravelMate P614-51. Perangkat tersebut dapat bertahan dari cuaca buruk, kelembapan, suhu ekstrem, debu, hingga terjatuh dari ketinggian 122 cm. Ini karena laptop tersebut telah meraih sertifikasi standar militer AS yang ketat MIL-STD 810G sehingga cocok dijadikan rekan perjalanan bisnis Anda.

 

Tak lupa, perhatikan kapasitas baterai demi menunjang tetap produktif di mana pun dan kapan pun. Pilihlah laptop dengan dengan daya tahan baterai hingga 20 jam dan fitur fast charging, seperti Acer TravelMate.

 

4. Perhatikan Kapasitas Memori RAM

 

laptop-bisnis-kapasitas-memori-ram

 

Pemilihan memori RAM ini penting untuk proyeksi penggunaan kedepannya. Dengan kapasitas yang lebih, multitasking akan jauh lebih lancar. Anda bisa menjalankan beberapa program aplikasi bisnis secara bersamaan, serta menjelajahi internet dengan browser yang berisikan lebih dari 20 tab juga lebih nyaman.

 

Sebaiknya juga memilih laptop dengan RAM minimal berkapasitas 4GB. Semakin lebih besar kapasitas akan lebih baik, seperti Acer TravelMate yang memiliki memori DDR4 hingga 32 GB. Seperti yang kita ketahui, DDR4 memiliki kecepatan transfer yang lebih baik.

 

5. Dibekali Fitur Keamanan

 

laptop-bisnis-fitur-keamanan

 

Laptop untuk kerja bisnis juga memiliki ciri khas, yakni durabilitas karena produsennya memahami bahwa para penggunanya aktif di dalam maupun di luar kantor. Durabilitas ini penting demi menyimpan data sensitif di dalamnya.

 

Memang, fisiknya terlihat sama dengan kebanyakan laptop untuk konsumen biasa. Namun perbedaannya ada pada, rangka dan bahan yang digunakan telah dipilih dan dirancang sedemikian rupa agar lebih tahan lama saat dibawa-bawa.

 

Selain melindungi secara fisik, dibutuhkan pula laptop yang dirancang khusus untuk keamanan data, seperti Acer TravelMate. Laptop ini memiliki chip Trusted Platform Module 2.0 dan teknologi vPro™ remote management yang memproteksi virus di  tingkat sistem operasi dan pencurian data.

 

Tidak hanya itu, fitur fingerprint pada tombol daya dan webcam IR untuk Windows Hello juga disematkan untuk memaksimalkan keamanan laptop dari pengguna tidak dikenal. Teknologi tersebut dapat mengenali apakah orang tersebut adalah pemiliknya sehingga dapat menjaga data sekaligus memungkinkan login dengan cepat.

 

Pada beberapa tipe seperti Travelmate P249-G2, Anda bahkan dapat mengatur kode akses, termasuk password, login menggunakan wajah, dan manajemen akun online, sehingga akan memberikan perlindungan yang lebih efektif.

 

Baca juga: Tren BYOD di Lingkungan Kerja yang Serba Mobile

 

Pilihlah laptop sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, dengan melihat spesifikasi dan karakteristiknya, serta proses kerja yang tinggi. Selain itu, Anda juga bisa memperhatikan desain laptop. Dengan bodi tipis, ringan, dan tangguh berkat penggunaan sasis magnesium-aluminium kualitas premium yang ada pada seri laptop Acer TravelMate.

Kontak Acer