5 Ide Bisnis Berbasis Teknologi yang Menjanjikan Image

5 Ide Bisnis Berbasis Teknologi yang Menjanjikan

Time 17 Mar 2021  |  By Acer Indonesia

Kumpulan 5 ide bisnis berbasis teknologi

Bisnis berbasis teknologi menjadi salah satu solusi wirausaha di era perkembangan teknologi saat ini. Bagaimana cara memulainya? Ada banyak ide bisnis berbasis teknologi yang memungkinkan Anda membangun perusahaan baru yang sukses. Bagian terbaiknya, bisnis teknologi memiliki pilihan yang beragam, jangkauan yang luas, bertujuan jangka panjang, dan potensi penghasilan tanpa batas.

 

Namun, Anda memerlukan beberapa tingkat pengetahuan teknis agar berhasil memulai bisnis di industri berbasis teknologi, mengingat bisnis ini berkaitan dengan penelitian, pengembangan, dan distribusi barang berbasis teknologi. Contohnya, bisnis yang memproduksi perangkat teknologi (seperti Acer), membuat software (seperti Salesforce), atau menyediakan layanan teknologi informasi (seperti Google).

 

Lalu, bisnis berbasis teknologi apa yang menjanjikan dan mudah dilakukan? Simak daftar ide bisnis berbasis teknologi di bawah ini.

 

1. Toko Online

 

bisnis-online-toko

 

Berjualan online merupakan salah satu ide bisnis berbasis teknologi terbaik. Membuat toko online kini jadi andalan para wirausaha, terutama di masa pandemi ketika publik lebih nyaman bertransaksi secara online.

 

Mendirikan toko online juga memiliki berbagai keuntungan, seperti jangkauan pasar lebih luas, modal yang diperlukan tidak terlalu besar, tidak memerlukan tempat besar, waktu yang fleksibel, dan bisa menjual produk bervariasi. Sementara kekurangannya, yaitu persaingan lebih ketat dan dibutuhkan koneksi internet yang stabil.

 

Anda bisa membuat sebuah website atau bergabung ke e-commerce sebagai sarana bagi transaksi pembelian produk. Terlebih, kini potensi bisnis di e-commerce semakin berkembang pesat di dunia maupun Indonesia dan akan terus tumbuh dalam beberapa tahun ke depan.

 

Menjadi pebisnis toko online juga setidaknya menuntut Anda untuk tetap update tentang tren apa yang sedang laku di pasaran, dengan begitu bisa memasukan ide baru ke dalam bisnis online Anda menjadi lebih fresh.

 

2. Bisnis Dropship

 

Menjalani bisnis dropship juga salah satu kemudahan dalam bisnis berbasis teknologi. Solusi ini mempermudah Anda untuk menjual suatu produk tanpa memikirkan gudang dan pengiriman barang. Jadi, Anda cukup mengandalkan kemampuan menjual saja.

 

Keuntungannya berasal dari selisih uang yang Anda terima dari pembeli dengan jumlah uang yang Anda bayarkan kepada produsen barang. Singkatnya, Anda sebagai dropshipper bertugas sebagai penghubung antara penjual dan pembeli barang. Bisnis ini bisa menjadi bisnis berbasis teknologi yang mudah, karena bisa menentukan sendiri produk apa yang ingin dijual.

 

Beberapa alasan bisnis dropship mudah dilakukan, antara lain tidak perlu modal yang besar karena tidak berurusan langsung dengan barang yang dijual atau gudang penyimpanan. Kemudian, bisnis ini juga lebih hemat tenaga, karena Anda hanya fokus pada marketing. Sementara produksi, pengemasan, dan pengiriman menjadi tanggung jawab penjual.

 

Meski mudah dan efisien, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal, seperti kontrol terhadap barang dan sistem pengiriman. Jika kedua hal tersebut bisa diatasi, kasus kegagalan pengiriman atau komplain barang tidak merepotkan Anda.

 

3. Konsultan IT atau Cybersecurity

 

Di era digital, bisnis bidang apapun terancam oleh serangan siber. Keadaaan ini berdampak pada kebutuhan akan konsultan IT yang semakin besar dari sebelumnya.

 

Sebagai konsultan IT, Anda dapat membantu perusahaan mengevaluasi sistem keamanan dan menawarkan saran tentang bagaimana mereka dapat melindungi diri dari peretas dunia maya dengan lebih baik. Selain itu, konsultan IT atau cybersecurity juga dapat membantu menyiapkan perangkat keras suatu perusahaan atau bisnis dan memecahkan masalah umum tentang teknologi dan keamanan siber.

 

Keuntungannya, menjadi konsultan IT atau cybersecurity, yaitu peluang bisnis di bidang ini masih terbuka lebar. Jika Anda memiliki skill cybersecurity, Anda juga bisa meningkatkan jenjang karier bisnis ke arah yang lebih menjanjikan, seperti penetration tester, white hat hacker, computer forensic specialist, dan masih banyak lagi. Hal tersebut bisa ditingkatkan dengan pelatihan-pelatihan yang Anda ikuti, yang tentunya dibutuhkan waktu dan biaya pribadi.

 

Baca juga: Bagaimana Membangun Brand Building di Era Digital Saat Ini?

 

4. Konsultan SEO atau Media Sosial

 

bisnis-online-konsultan

 

Google masih menjadi bagian penting dari banyak strategi pemasaran bisnis. Suatu bisnis harus dapat muncul sebagai hasil teratas di Google Penelusuran untuk kata kunci yang terkait dengan bisnis mereka. Itu artinya, mereka membutuhkan seseorang yang ahli dalam SEO untuk membantu hal tersebut. Selain itu, SEO juga efisien untuk mendatangkan pengunjung website atau platform e-commerce tanpa biaya.

 

Jika Anda menguasai teknik SEO dan tren Google, Anda bisa menjadi konsultan SEO untuk membantu website klien muncul pada hasil teratas di mesin pencari. Konsultan SEO di Indonesia memang sudah banyak, tapi peluang bisnisnya masih terbuka lebar, terutama di era digital. 

 

Selain itu, jika Anda belum menguasai SEO, tetapi pandai media sosial, Anda dapat menawarkan jasa untuk suatu bisnis menghasilkan engagement, seperti jumlah like, share, followers, komentar, klik, dan banyak lagi sebagai pemasar media sosial. Dalam peran ini, Anda bisa jadi konsultan media sosial dan membantu mereka mengelola profil media sosial, menyebarkan konten ke seluruh web, dan membangun branding mereka.

 

Apalagi, menjadi konsultan dan pemasar media sosial sangat minim dan bisa dilakukan dari rumah. Pastikan untuk meningkatkan keterampilan media sosial Anda dengan mengikuti tren dan platform terbaru.

 

5. Jasa Pembuatan Website

 

Ide bisnis ini memang sudah ada sejak lama, namun ide ini masih relevan hingga beberapa tahun ke depan. Jika Anda memiliki kemampuan membuat website yang menarik, hal itu bisa menjadi bisnis yang potensial. Apalagi saat ini kebutuhan website semakin meningkat, baik untuk instansi pemerintah, perusahaan, maupun individu.

 

Memang, membuat website kini makin mudah, yang sulit adalah kustomisasi dan pemeliharaannya. Maka dari itu, diperlukan keahlian pemrograman lebih advance yang hanya dimiliki oleh seorang web developer.

 

Bisnis berbasis teknologi ini potensial dan memungkinkan Anda bekerja dari rumah atau dari tempat mana pun. Soal deadline pengerjaan proyek juga bisa diatur sesuai dengan waktu Anda. Dalam menjalani bisnis ini, pun dianjurkan memiliki sertifikasi kompetensi untuk menumbuhkan rasa percaya di antara klien.

 

Baca juga: 4 Tips & Cara Memulai Bisnis di Era Digital

 

Bisnis berbasis teknologi digital jadi bisnis yang potensial saat ini dan beberapa tahun ke depan. Beragam pilihan ide bisnis di atas bisa jadi bahan pertimbangan. Anda bisa menentukan bisnis yang sesuai dengan kemampuan dan memiliki prospek bisnis yang baik. 

 

Jika Anda mampu menemukan ide bisnis berbasis teknologi yang tepat dan membangunnya dengan langkah yang benar, bukan mustahil Anda akan mampu mencapai hasil terbaik. Semoga berhasil!

Kontak Acer