10 Soft Skill Penting yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja Image

10 Soft Skill Penting yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja

Time 19 May 2021  |  By Acer Indonesia

Soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja jadi sebuah tuntutan. Hal ini terjadi bukan hanya karena permintaan pasar yang semakin meningkat, tapi juga kompleksitas yang terjadi di kehidupan. Ditambah lagi, munculnya tuntutan kemajuan zaman dan teknologi sehingga banyak peluang-peluang baru.

 

Di masa depan akan muncul berbagai pekerjaan baru dengan berbagai kualifikasi yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Untuk mendapatkan pekerjaan itu, tentu saja ada keahlian tertentu yang harus dikuasai. Maka dari itu, soft skill menjadi hal yang dibutuhkan untuk para pekerja dapat tampil lebih unggul dibanding lainnya. 

 

Lalu, apa saja soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja yang harus Anda miliki? Keterampilan ini harus diimplementasikan mulai dari sekarang.

 

1. Kemampuan Memecahkan Masalah Rumit

 

Kemampuan memecahkan masalah yang rumit atau complex problem-solving merupakan salah satu soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Kemampuan ini, meliputi skill mengidentifikasi masalah yang terjadi, meninjau dan menyusun informasi yang terkait dengan masalah yang ada, mengelola informasi sebagai jalan keluar, dan mengimplementasikannya hingga mengevaluasi langkah-langkah yang dipilih.

 

Saat masuk dalam dunia kerja, berada di lingkup kerja manapun akan dihadapkan pada berbagai masalah. Kemampuan ini tentu diperlukan agar tidak mengganggu produktivitas, terutama terkait pekerjaan.

 

2. Berpikir Kritis dan Analisis

 

Kemampuan berpikir kritis dan analisis juga perlu dimiliki. Skill ini memang ada hubungannya dengan kemampuan memecahkan masalah. Biasanya, saat dihadapkan pada suatu masalah atau kesulitan, orang memiliki kemampuan berpikir kritis dan punya kemampuan analisis bisa melihat berbagai sisi dari masalah tersebut. Dengan begitu, seseorang dapat lebih peka dan melihat letak kesalahan, kemudian menemukan solusinya.

 

3. Kreativitas

 

soft-skill-kreativitas

 

Kreativitas tak terbatas pada bidang kesenian saja, melainkan diperlukan dalam berbagai bidang. Ada beberapa hal yang berhubungan dengan kemampuan ini, yakni inisiatif, tanggung jawab, dan orisinalitas.

 

Inisiatif berkaitan dengan ide-ide baru dan pengaplikasiannya. Kemudian, tanggung jawab diperlukan saat mengambil keputusan atas ide yang dibuat. Terakhir, orisinalitas untuk melahirkan ide-ide kreatif yang asli dari pemikiran Anda.

 

4. Kepemimpinan dan Pengaruh Sosial

 

Kemampuan kepemimpinan dan pengaruh sosial juga diperlukan. Maka dari itu, soft skill ini perlu diasah dari sekarang. Caranya, bisa dimulai dari menjadi penanggung jawab suatu acara atau pemimpin dalam suatu organisasi. Dengan demikian, ketika menjadi seorang pemimpin, kemampuan untuk mempengaruhi orang lain akan terasah. Anda juga bisa mencoba menjadi seorang influencer di media sosial untuk mengajak atau memberikan hal-hal positif.

 

Baca juga: 6 Kemampuan Komunikasi Bisnis yang Penting Dikuasai

 

5. Kecerdasan Emosional

 

Kecerdasan emosional juga penting diasah dalam daftar soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Kecerdasan kognisi memang penting, tapi kecerdasan emosional juga tak kalah penting. Kecerdasan ini mengatur emosi, yang kaitannya pada hubungan dengan dengan orang lain di dunia kerja.

 

Seseorang yang sudah mengasah soft skill ini akan mampu mengendalikan emosi dan memiliki kepekaan terhadap orang lain. Soft skill ini dibutuhkan, karena kepribadian dan kemampuan setiap orang untuk berekspresi bisa berbeda-beda.

 

6. Mendengarkan Secara Aktif

 

soft-skill-mendengarkan-aktif

 

Soft skill ini erat kaitannya dengan kecerdasan emosional. Semua orang bisa mendengarkan, tapi hanya sebagian yang jadi pendengar aktif. Mengingat, banyak orang yang ingin didengarkan, tapi hanya sedikit yang ingin mendengarkan dengan baik. Padahal, jika kita mendengarkan dengan baik, kita dapat mempelajari sesuatu dari orang lain.

 

Dari mulai mendengarkan dengan baik, Ada juga belajar berkomunikasi dengan baik. Jika keduanya dikuasai, Anda bisa menjadi komunikator yang baik. 

 

7. Kerja Sama dan Kolaborasi

 

Harus diakui, banyak orang yang mampu bekerja baik jika sendiri, tapi mereka kesulitan ketika harus bekerja sama. Dengan demikian, kerja sama dan kolaborasi tak kalah penting masuk jajaran soft skill yang dibutuhkan seorang profesional dalam dunia kerja. Dunia kerja berarti bekerja dalam tim.

 

Bekerja sama dan kolaborasi dalam pekerjaan bukan menyusahkan atau menghambat kerja pribadi Anda. Malah, hubungan yang terjalin akan memaksimalkan pekerjaan. Bahkan, dapat meraih tujuan yang lebih besar. Perlu diingat, kunci kesuksesan adalah menyelesaikan sesuatu bersama-sama dengan orang lain, karena di dalamnya kita dapat belajar lebih banyak lagi kepada mereka yang sudah berpengalaman.

 

8. Manajemen Waktu

 

Soft skill manajemen waktu melatih kedisiplinan dalam berbagai hal dalam kehidupan, termasuk dalam dunia kerja. Mengingat, menjadi tepat waktu adalah hal yang sangat penting.

 

Jika Anda masih datang terlambat atau menyelesaikan tugas lewat dari tenggat waktu, Anda perlu mengasah soft skill ini, karena berhubungan dengan profesionalitas dalam dunia kerja. Meskipun Anda bukan orang yang suka menjadwalkan segala hal, adanya rencana dan jadwal kerja harian penting untuk dipertimbangkan untuk menguasai skill manajemen waktu.

 

Baca juga: 6 Alasan Mengikuti Seminar Webinar Bisnis, Efektif dan Banyak Manfaatnya!

 

9. Adaptasi

 

Memiliki soft skill kemampuan adaptasi yang baik juga tak kalah penting. Dalam dunia kerja, terdapat banyak karakter dengan etos kerja yang berbeda-beda. Belum lagi mengenai pekerjaan baru yang harus Anda lakukan. Dengan demikian, satu-satunya cara untuk bertahan adalah beradaptasi.

 

Memang, pada awalnya setiap pekerjaan barangkali akan terasa berat dilakukan, apalagi jika belum terbiasa. Namun, dengan skill beradaptasi yang baik, Anda akan mengatasi masalah tersebut, karena kemampuan adaptasi bisa membantu Anda melewati segala dinamika dalam dunia kerja.

 

10. Public Speaking

 

soft-skill-public-speaking

 

Harus diakui, soft skill ini tidak dibangun dalam waktu singkat dan cukup sulit bagi sebagian orang. Tak sedikit orang merasa tidak mampu atau tidak percaya diri berbicara di depan umum. Maka dari itu, kemampuan berkomunikasi di depan publik ini harus diasah sedari dini.

 

Satu-satunya cara untuk dapat menguasainya adalah harus melakukannya sesering mungkin. Berawal dari membangun rasa percaya diri dan ilmu berkomunikasi, kemampuan public speaking akan terbentuk. Perlu diperhatikan, keahlian komunikasi ini meliputi berbicara dengan bijaksana dan cerdas dan mendengarkan dengan sungguh-sungguh.

 

Baca juga: Apa Itu Business Plan dan Cara Membuatnya untuk Memulai Usaha Anda

 

Dunia kerja sangat membutuhkan orang-orang yang dapat diandalkan dalam hal apa pun dan situasi apa pun. Menjadi seorang profesional, butuh soft skill yang mumpuni untuk bisa bersaing di dunia kerja. Dengan demikian, memiliki soft skill di atas bukan hanya menyelamatkan Anda dalam dunia kerja, tapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

Kontak Acer