Teknologi Acer Smart Parking untuk Kualitas Hidup Tanpa Batas Image
Teknologi Acer Smart Parking untuk Kualitas Hidup Tanpa Batas
03 Jan 2019  |  By Acer Indonesia

Kemacetan masih menjadi momok bagi kota besar, termasuk kota Jakarta. Studi yang dilakukan Uber bekerja sama dengan Boston Consulting Group, mengungkapkan bahwa kemacetan membuat warga Jakarta membuang lebih banyak waktu di jalanan, yaitu rata-rata 22 hari dalam setahun. Jumlah tersebut ternyata jauh lebih tinggi dibandingkan kota-kota besar lainnya di Asia yang hanya 19 hari per tahun.

 

Sampai saat ini, ada banyak faktor penyebab kemacetan. Salah satunya adalah sulitnya mencari lahan parkir. Hal ini terbukti dari studi tersebut, yang mana pengendara mobil di Jakarta rata-rata menghabiskan waktu 21 menit per hari untuk mencari parkir. Bahkan, 28% di antaranya menghabiskan 30 menit per hari.

 

Akibatnya, kemacetan tak hanya menyebabkan kerugian di sisi waktu pengendara tetapi juga di sisi ekonomi. Data Bappenas menunjukkan bahwa kemacetan di Jakarta menyebabkan kerugian 5 miliar dollar AS atau setara 67,5 triliun sepanjang 2017. Apalagi, tidak lancarnya arus lalu lintas menyebabkan konsumsi bahan bakar minyak kian boros dan meningkatkan risiko kualitas udara kota buruk.

 

Melihat semrawutnya permasalahan parkir di kota-kota besar, Acer menghadirkan sebuah inovasi bernama Acer Smart Parking. Dengan solusi layanan parkir cerdas, pengendara mobil dapat menemukan tempat parkir yang tersedia secara real time melalui aplikasi Parking Lot. Menariknya, aplikasi dapat menavigasi Anda ke tempat parkir yang diinginkan melalui jalur terbaik.

 

Saat ini, Acer Smart Parking sudah diterapkan di Taiwan. Negara tersebut telah memasang 100 sistem Acer Smart Parking di sejumlah kotanya, dan diperkirakan bertambah mencapai 2.000 sistem di tahun 2018. Penggunaan teknologi otomatis ini juga praktis karena tak memerlukan pengawasan tukang parkir, serta aman dipasang di mana saja, termasuk di pinggir jalan raya (on street) maupun di dalam gedung (off street).

 

 

Pada sistem on street, teknologi Acer Smart Parking dipasang di pinggir-pinggir jalan. Cara kerjanya adalah mendeteksi saat mobil masuk ke lahan parkir, lalu mengambil foto, dan mencatat nomor plat mobil dengan teknologi ultrasonic. Bila hendak meninggalkan lahan parkir, maka pengendara harus memencet tombol check out dan monitor Acer Smart Parking secara otomatis menghitung biaya parkir yang harus dibayar pengendara. Nantinya, pengendara bisa membayar menggunakan uang elektronik.

 

Sementara untuk sistem off street, Acer Smart Parking menggunakan token khusus yang berisikan segala informasi tentang mobil. Menariknya, sistem ini memungkinkan pengendara mobil mengetahui lokasi parkir yang tersedia di suatu kawasan, biaya parkir setiap kawasan, hingga jarak lokasi lahan parkir secara otomatis. Praktis!

 

Manfaat Acer Smart Parking dalam Smart City

Transportasi merupakan salah satu komponen penting dari Smart City. Sebagai ‘urat nadi’ sebuah kota, sistem transportasi yang baik dapat memberikan efisiensi bagi warga kota, yang pada gilirannya meningkatkan kualitas hidup warganya. Untuk mewujudkannya, Acer Smart Parking dihadirkan sebagai bentuk implementasi Smart City.

 

Anda yang tertarik dengan teknologi ini, berikut manfaat yang ditawarkan Acer Smart Parking:

 

 

Mudah dan hemat waktu. Teknologi ini memungkinkan Anda lebih mudah mencari tempat parkir yang tersedia. Sehingga, mencegah waktu terbuang sia-sia akibat berkeliling mencari tempat parkir yang tersedia.

 

Mengurangi kemacetan dan polusi udara. Mudahnya mendapatkan lahan parkir membuat arus lalu lintas kendaraan menjadi lancar. Kemacetan lalu lintas dan emisi karbon di kota pun akhirnya dapat dikurangi.

 

Mobilitas lancar. Acer Smart Parking memungkinkan pengemudi masuk gerbang parkir tanpa tiket, melainkan menggunakan perangkat cerdas seperti LPR/ANPR/e-Tag. Jadi, Anda hanya cukup memindai kode QR dan tak perlu khawatir bila tiket parkir hilang.  

 

Multi pembayaran. Anda tak perlu lagi melakukan pembayaran tunai di depan. Acer Smart Parking justru mendukung semua pembayaran dari mana pun, baik kartu kredit maupun e-money.

 

Meningkatkan pendapatan. Acer Smart Parking bekerja dengan sistem meteran sehingga Pemerintah Kota terbantu dalam menegakkan peraturan parkir di jalan raya dengan benar. Pemasangan teknologi ini sepenuhnya juga dapat meningkatkan penghasilan retribusi parkir hingga 50 persen yang selama ini hilang dari parkir liar dan dapat mengurangi penyalahgunaan ruang.

 

Demikianlah pemaparan tentang pentingnya smart parking di era digital ini. Bila Anda ingin mengetahui informasi lebih lengkap seputar Acer Smart Parking dan solusi digital lainnya yang ditawarkan Acer, hubungi kami di ain.commercial@acer.id.