Solusi Acer: Pemanfaatan Big Data untuk Precision Marketing Image
Solusi Acer: Pemanfaatan Big Data untuk Precision Marketing
03 Jan 2019  |  By Acer Indonesia

Saat Anda akan melakukan kegiatan bisnis untuk memperluas ekspansi penjualan, maka tentu diperlukan sebuah tool. Salah satu tool yang banyak digunakan perusahaan untuk membawa perusahaan mereka ke level berikutnya adalah big data. Tema ini pun menjadi salah satu topik pada Acer Solution Day 2018, melalui judul “Big Data for Precision Marketing”.

 

Harus disadari bahwa saat ini kita hidup di era big data.  Big data mengacu pada volume, velocity, dan variety yang berarti sebuah istilah untuk menggambarkan data yang jumlahnya berlimpah, beragam, dan bisa didapatkan secara real time. Data-data tersebut umumnya dikumpulkan melalui berbagai sumber dan bentuk, seperti jejaring media sosial, transaksi online, aplikasi, dan sebagainya.

 

Lantas, apa sebenarnya manfaat dari big data? Pentingnya sebuah big data bukan terletak pada seberapa banyak data yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Namun, bagaimana perusahaan Anda menggunakan informasi yang disediakan big data untuk menyesuaikan target marketing agar lebih efektif. Bahkan, teknologi ini memungkinkan penghematan biaya untuk menyimpan data dalam jumlah besar.

 

Ya, big data merupakan kunci untuk semua rencana dan strategi yang harus diadopsi sebuah perusahaan di masa depan. Dalam bisnis, big data memberikan wawasan tentang apa saja, mulai dari konten mana yang paling efektif dalam setiap tahap siklus penjualan, bagaimana perilaku dan apa saja minat konsumen, hingga produk apa yang masih membutuhkan inovasi agar sesuai dengan kebutuhan konsumen.

 

Dengan big data, semakin banyak yang diketahui, maka semakin banyak yang bisa Anda lakukan. Ingat, data itu ‘power’, sehingga dengan big data, Anda bisa menjadi lebih powerful dibandingkan sebelumnya. Apapun bisnis yang Anda geluti atau sekecil apapun bisnis Anda, menggunakan big data bisa memberikan dampak pada setiap bisnis dan mencapai impian Anda.

 

Big Data dan Artificial Intelligence

Istilah big data tidak hanya merujuk pada data itu sendiri. Namun, juga mengacu pada tantangan, kemampuan, dan kompetensi yang terkait dengan penyimpanan dan analisis kumpulan big data untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dan membuat keputusan yang tepat berdasarkan hasil analisis tersebut.

 

Seperti yang dipaparkan oleh Patrick Liao - Business Development, Acer Cloud Technology Inc. dalam seminar Acer Solution Day 2018, teknik komputasi tradisional tidak mampu menangani kumpulan big data semacam ini. Teknologi Artificial Intelligence (AI), Machine Learning (ML), dan Deep Learning (DL) adalah apa yang sering digunakan untuk memproses jenis data tersebut. Oleh karena itu, tak akan ada AI, ML, dan DL tanpa big data.

 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ada banyak perusahaan yang memanfaatkan AI dalam proses bisnisnya. Contoh nyata yang menarik adalah perusahaan Coca Cola yang mana menggunakan kecerdasan buatan untuk melakukan fungsi quality control terhadap botol plastik yang akan dipakai oleh perusahaan. Contoh lainnya adalah AlphaGo Zero yang merupakan bentuk dari DL. Program cerdas buatan Google ini jago bermain Go, permainan khas Tiongkok.

 

Jadi, bila big data terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, bukanlah mustahil pekerjaan di masa depan menjadi lebih mudah.  Maka itu, mengingat besar peran big data saat ini, sehingga sudah sewajarnya Anda mengetahui big data lebih lengkap. Acer, sebagai brand teknologi pun selalu update dan menghadirkan inovasi digital seperti ini untuk kebutuhan bisnis konsumennya.

 

Solusi Acer Being Signage untuk Precision Marketing

 

Hadirnya big data merupakan peluang Acer untuk menawarkan solusi bagi kebutuhan bisnis marketing. Yaitu menghadirkan Acer Being Signage yang menjadi solusi one-stop-shop cerdas melalui hardware dan software.

 

Acer Being Signage merupakan cloud-based dan big data sebagai servis analisis untuk mengedepakan bisnis marketing Anda. Menghadirkan tiga implementasi, yaitu Being Device Management untuk memonitor sistem jaringan yang ada di perangkat digital sehingga semuanya dapat bekerja dengan baik.

 

Kemudian, ada Content Management System yang bekerja untuk memudahkan content schedulling, akses account, memonitor report campaign brand, hingga site planning. Terakhir adalah Being Audience Rating, yaitu membantu menganalisis, tracking, dan memberikan insight mengenai audience mana yang tepat untuk sasaran bisnis.

 

Baca juga: Acer BeingSignage: Solusi Iklan Digital Perusahaan


Anda tertarik dengan bagaimana solusi teknologi dari Acer dapat membantu pemanfaatan big data untuk penerapan strategi marketing yang lebih presisi? Hubungi tim kami, Commercial Acer Indonesia melalui email ain.commercial@acer.com.