Acer dan Smart City: Bagaimana Teknologi Membantu Kualitas Hidup Masyarakat Image
Acer dan Smart City: Bagaimana Teknologi Membantu Kualitas Hidup Masyarakat
03 Jan 2019  |  By Acer Indonesia

Istilah smart city sebenarnya bukanlah hal baru. Di Indonesia, beberapa kota sebenarnya telah mengadopsi konsep ‘kota pintar’ seperti Bandung, Surabaya, dan Jakarta. Meskipun belum terlalu terdengar ‘gaungnya’, salah satu contoh penerapan konsep smart city adalah e-tilang, e-government, dan e-budgeting.

 

Lebih dari itu, smart city memiliki cakupan lebih luas. Adalah konsep menggunakan data dan teknologi digital untuk mengoptimalkan penggunaan berbagai sumber daya seperti energi, air, transportasi, parkir, pengelolaan limbah, dan sebagainya. Konsep ini menggunakan sensor dan teknologi IoT (Internet of Things) di berbagai infrastruktur kota untuk memperoleh data akurat. Dari sinilah, data secara real time bisa didapatkan dan bisa diakses cepat oleh masyarakat untuk banyak hal tanpa batas.

 

Umumnya, smart city memiliki karakteristik sebagai berikut:

 

Mengenal Teknologi LoRa

 

Air merupakan salah satu sumber kehidupan. Sayangnya, di berbagai kota besar, air bersih tampak sulit dinikmati sebagai akibat dari bertambahnya jumlah penduduk yang semakin tinggi, penggunaan air yang berlebihan, kualitas air yang tidak memadai, hingga meningkatnya risiko perubahan iklim. Oleh karena itu, Acer sebagai brand teknologi terkemuka telah menghadirkan inovasi teknologi untuk mengatasi masalah air bernama LoRa.

 

Teknologi ini memungkinkan setiap barang dapat dipantau sepanjang waktu. Tentunya, hal ini menjadi cara terbaik untuk memeriksa inventaris, serta dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Bahkan, teknologi ini menawarkan biaya rendah, daya rendah, dan jangkauan luas. Selain itu, teknologi LoRa ini mempunyai sensor dapat memantau keadaan air melalui aplikasi.

 

Pada aplikasi ini, penggunanya dapat memonitor untuk menganalisis secara cerdas. Seperti halnya kualitas air, bagaimana aliran air, pumping station control hingga mengetahui peringatan dini jika terjadinya banjir. Dengan begitu, keadaan air di perkotaan pun bisa dipantau kapan pun dan dimana pun.

 

Smart Agriculture

 

Dengan adanya teknologi cerdas yang membantu memantau kualitas air, maka berpengaruh juga terhadap bagaimana mengelola pertanian. Adalah dengan smart agriculture yang mengacu pada pengelolaan dan pasokan air yang tepat untuk area persawahan atau ladang, sehingga bibit dapat tumbuh menjadi tanaman sehat.

 

Di sisi lain, smart agriculture dapat membantu petani dalam memanfaatkan sumber daya air yang terbatas secara efisien. Selain itu, teknologi ini memudahkan petani mengetahui data real time tentang kualitas tanah, memantau dan mengendalikan pertumbuhan hama, hingga mengetahui perkiraan cuaca yang akurat.

 

Smart Power


Konsep smart city juga mengacu pada kota yang hemat energi di masa depan. Dengan sistem smart power, pemerintah kota dapat memonitor penggunaan energi dan mengontrol status tersebut secara berkala dengan biaya yang lebih hemat, biaya pemasangan yang murah, dan biaya perawatan yang terjangkau.

 

 

Smart Industry

 

Smart industry telah mengubah cara kerja dan fungsi kerja sebuah pabrik. Istilah smart industry sendiri memiliki arti melakukan proses produksi secara lebih efisien dan lebih fleksibel dengan cara yang lebih ramah lingkungan. Selain itu, penggunaan teknologi juga membuat interaksi menjadi lebih mudah dan aman, serta memudahkan pengelolaan aset secara cerdas.

 

Kesimpulannya, smart city merupakan solusi yang membantu dalam mengedepankan kualitas hidup masyarakat di kota tersebut melalui teknologi. Keberadaan teknologi digital hadir, bukan semata hanya kebutuhan pribadi, namun keberlangsungan orang banyak. Seperti teknologi LoRa dari Acer.

 

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai produk-produk teknologi Acer untuk keberlangsungan hidup masyarakat, hubungi Commercial Acer Indonesia melalui email ain.commercial@acer.com.