Acer Solution Day 2018: Transformasi Digital untuk Masa Depan Bisnis Image
Acer Solution Day 2018: Transformasi Digital untuk Masa Depan Bisnis
17 Sep 2018  |  By Acer Indonesia

 

Bertempat di Ayana Mid Plaza, Jakarta pada hari Rabu, 18 September 2018, Acer kembali menghadirkan Acer Solution Day 2018 melalui tema Smart Technology, The Enabler of Business Innovation. Kali ini mengangkat tema transformasi digital yang memberi solusi untuk performa masa depan bisnis.

 

Pada momen inilah, Acer menghadirkan pembicara-pembicara andal yang banyak memberikan insight dan inovasi teknologi terkini yang sangat informatif dan bermanfaat untuk kemajuan teknologi di tanah air.  Tidak hanya soal teknologi, event ini turut membahas berbagai hal yang juga penting, yaitu bagaimana ekonomi market Indonesia dalam menyambut tranformasi digital, hingga membangun mental menjadi leader di era digital seperti sekarang ini. Mengapa Acer memerhatikan hal ini?

 

Seperti yang diungkapkan Herbet Ang, President Director Acer Indonesia, “Acer sedang berevolusi menjadi sebuah company dengan begitu banyak solusi yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.”

 

Maka tak hanya menghadirkan produk laptop atau perangkat gaming, Acer fokus dan giat mengedepankan perangkat IoT yang memudahkan segala kebutuhan, termasuk untuk kebutuhan bisnis dalam menghadapi transformasi digital.

 

Market Indonesia dan dampak dari transformasi digital

Berbicara soal transformasi digital, juga berdampak terhadap bagaimana market Indonesia ke depannya. Aprindo Expert Staff & Executive Director of Global Market Research Company, Yongky Surya Susilo memaparkan bahwa salah satu perubahan hidup yang signifikan saat ini adalah aktivitas masyarakat yang makin serba digital.   

 

Menurutnya lagi, berdasarkan research bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang melakukan perubahan besar dalam digital. Seperti tren yang dahulu biasanya dikenal dengan window shopping, kini dikenal dengan scroll shopping menggunakan kekuatan gadget dan ujung jari. Itulah contoh dari bagaimana perubahan gaya berbelanja para konsumen dengan adanya teknologi.

 

“Teknologi akan dipakai untuk menggantikan hal-hal yang dibenci konsumen,” ujarnya. Contoh nyatanya, jika biasanya bayar harus mengantri panjang di tempat belanja, kini lebih efisien dengan membayar langsung versi online yang sudah tersedia di platform pembayaran.

 

Maka, Yongky menekankan bahwa toko-toko retail tidaklah harus mati, namun semua harus berevolusi dan berinovasi, karena digital empower consumer dan nyatanya teknologi sangat membantu efisiensi yang dibutuhkan konsumen masa kini.

 

 

 

Cara Intel menyokong inovasi teknologi

Sebagai perusahaan teknologi, selayaknya Intel selalu memastikan kesiapaan di era transformasi digital, yang memang dibutuhkan untuk keberlangsungan bisnis ke depannya. Lalu  bagaimana Intel melakukan hal tersebut?

 

Yohan Wijaya, Sales Manager of Intel Southeast Asia menuturkan bahwa ternyata sebagian besar CEO di perusahaan merasa bahwa bisnis mereka itu belum secepat yang diharapkan dalam hal transformasi IoT. Oleh karena itu Intel bergerak untuk membantu mengembangkan bisnis lebih cepat menghadapi digital, salah satunya bekerja sama dengan perusahaan dan partner seperti Acer membangun perangkat cerdas.

 

Artificial Intelligence, security, storage, dan salah satu yang terbaru yaitu prosesor Intel Optane. Empat hal tersebut adalah apa yang dihadirkan Intel untuk menyokong transformasi digital, termasuk dalam kebutuhan bisnis di era digital.

 

Mempersiapkan diri menjadi leader di era digital

Suatu penelitian global mengungkapkan bahwa 3% leaders masih rendah  dalam menerima digital transformation, sementara lebih dari 70% leaders sudah terbuka untuk menerima kehadiran digital transformation dan sisanya masih ragu untuk menerima transformasi digital tersebut. Hal ini diungkapkan oleh Alfra Aloysia Phalestie sebagai Learning and Development Innovation Manager Daya Dimensi Indonesia.

 

Hasil penelitian tersebut memang memuaskan, karena faktanya banyak leader yang menerima perubahan digital secara terbuka. Namun sebenarnya ada karakter-karakter penting yang harus dimiliki para leader dalam mengedepankan bisnis mereka.

 

Seperti apa leader yang mumpuni dalam menghadapi transformasi digital ini? Ya, beberapa poin penting yang harus diperhatikan, seperti yang dipresentasikan Alfira, yaitu pemikiran yang maju dan berani menerima perubahaan, memerhatikan kebutuhan costumer-nya serta peduli dan fokus terhadap data, karena data adalah hal penting untuk digital marketing sebagai fondasi berdirinya bisnis tersebut.

 

 

 

Itulah rangkaian beberapa tema yang diberikan pada Acer Solution Day 2018 ini. Pada tema tahun ini terlihat jelas bahwa Acer sudah memperhatikan dan melangkah maju dalam menghadapi transformasi digital yang terus bergerak tiada henti.

 

Nantikan konten-konten berikutnya seputar solusui teknologi yang ditawarkan Acer Indonesia melalui blog ini commercial.acerid.com. Nah, jika ingin mengetahui bagaimana cara Acer membantu solusi untuk bisnis Anda, silakan hubungi tim Commercial Acer Indonesia di email: ain.commercial@acer.com